APLIKASI PEMBELAJARAN SINAU OLEH TIM IT SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.1031Keywords:
aplikasi, media pembelajaran, e-learningAbstract
The research in this article aims to discuss learning applications that are currently very much needed at this time, because there is now a covid-19 pandemic. So learning is currently taking place online at each student's home, and both students and teachers must understand and have the ability to understand technology. If you don't understand technology, it will be difficult to operate this learning application. In this article, we will discuss the implementation of the SINAU learning application, how to use it, the obstacles experienced during the use of this application, and the application development plan which was specially designed by the IT team of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Before using the SINAU application, the school used the google classroom application, and as long as the use of the google classroom application was deemed less than optimal, they from the school's IT team worked their minds to make their own learning applications independently. In this SINAU learning application, in general it is the same as other learning applications, namely containing teaching materials according to the class taken by students at the school. The components are very complete, namely regarding the process of teaching and learning activities. And it is hoped that by making this independent learning application in the future it can be useful for teachers and students at SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Not only that, but it is also hoped that it can be useful for other schools and can be developed even better in the future.
ABSTRAK
Penelitian yang ada didalam artikel ini bertujuan untuk membahas aplikasi pembelajaran yang saat ini sangat dibutuhkan pada masa sekarang, dikarenakan sekarang sedang ada pandemi covid-19. Jadi pembelajaran saat ini berlangsung secara daring di rumah masing-masing peserta didik, dan peserta didik maupun guru harus memahami dan memiliki kemampuan mengenai teknologi, Jika tidak memahami teknologi maka akan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi pembelajaran ini. Dalam artikel ini akan membahas mengenai penerapan aplikasi pembelajaran SINAU, cara penggunaannya, kendala yang alami selama penggunaan aplikasi ini, dan rencana pengembangan aplikasi tersebut yang dirancang khusus oleh tim IT sekolah SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Sebelum menggunakan aplikasi SINAU ini, sekolah tersebut menggunakan aplikasi google classroom, dan selama penggunaan aplikasi google classroom itu dirasa kurang maksimal maka mereka dari tim IT sekolah berputar otak untuk membuat aplikasi pembelajaran sendiri secara mandiri. Didalam aplikasi pembelajaran SINAU ini secara umum sama saja dengan aplikasi pembelajaran yang lain yaitu memuat materi-materi ajar sesuai dengan kelas yang ditempuh peserta didik di sekolah tersebut. Untuk komponen-komponen sudah sangat lengkap yaitu mengenai proses kegiatan belajar mengajar. Dan diharapkan dengan adanya pembuatan aplikasi pembelajaran secara mandiri ini kedepannya bisa bermanfaat bagi guru dan peserta didik di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Tidak hanya itu saja, tetapi juga diharapkan bisa bermanfaat bagi sekolah-sekolah lain dan kemudian hari bisa dikembangkan lebih baik lagi.
Downloads
References
Bakti, Surya dkk. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode Web Based Learning (WBL). Jurnal Riset Komputer (Jurikom), 3(4), hlm. 32-45. https://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/336
Batubara, Muhammad Haris dkk. Aplikasi Pembelajaran Teknik Mesin Otomotif Kendaraan Ringan dengan Metode Computer Asissted Intruction (Studi Kasus: SMK Swasta Karya Pendidik). Majalah Ilmiah Inti, 12(2), hlm. 266-270. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/inti/article/view/381
Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_penelitian_kualita/UVRtDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Metodologi+Penelitian:+Penelitian+Kualitatif,+Tindakan+Kelas+%26+Studi+Kasus&printsec=frontcover
Irsa, Dora dkk. 2015. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), hlm. 7-14. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/IG/article/viewFile/4/3
Muyaroah, Siti dan Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Andobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Ijcet, 6(2), hlm. 79-83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19336
Nyura, Yusni. 2010. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Handphone dengan J2ME. Jurnal Informatika Mulawarman, 5(3), hlm. 18-27. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JIM/article/viewFile/66/pdf
Putra, Rizki Suhendar dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), hlm. 2009-2018. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/10628/6486
Rahmatullah dkk. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), hlm. 317-327. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/viewFile/30179/17150
Saputro, Anip Dwi. 2015. Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. Muaddib,5(1),hlm.1-19. http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/viewFile/101/88
Supriyono, Heru dkk. 2014. Rancang Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android. Jurnal Infromatika, 8(2), hlm. 907-920. http://eprints.binadarma.ac.id/2273/1/supriyono2014-informatika-rancang-bangun-aplikasi-pembelajaran-hadis-untuk-perangkat-mobile-berbasis-android.pdf
Tarigan, Abdul Khair dkk. 2016. Aplikasi Pembelajaran Citra dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Intruction (CAI). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(4), hlm. 1-4. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/329
Wijoyo, Hadion dkk. 2020. Blended Learning: Suatu Panduan. Solok: CV Insan Cendekia Mandiri. https://www.google.co.id/books/edition/Blended_learning_suatu_panduan/-FwEEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.