PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PERMAINAN BARRIER GAME BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I SDLB B KARYA MULIA II SURABAYA

Authors

  • SRIATI SRIATI SDLB-B Karya Mulia II Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51878/edutech.v3i2.2357

Keywords:

Penguasaan kosakata, Permainan Barrier Game, Media Pembelajaran Flashcard

Abstract

This research started with the vocabulary mastery of deaf students at SDLB-B Karya Mulia II Surabaya, which was still very minimal/little so it resulted in teaching and learning activities (teaching and learning activities). The subjects of this study were all 7 students in class I which were then analyzed using a classroom-based action research design. The indicator for increasing students' vocabulary mastery was marked by an increase in mastery of vocabulary mastery by 67.5% in cycle I to 100% in cycle II through a barrier game aided by flashcard learning media. Based on the results of this study, it shows that Increasing Vocabulary Mastery Through Barrier Games Assisted by Flashcard Learning Media for Indonesian Language Subjects in Class I Deaf Children at SDLB B Karya Mulia II Surabaya is very optimal. Therefore there is a need for better development of teachers in developing students well in developing learning.

ABSTRAK
Penelitian ini berawal dari penguasaan kosakata yang dimiliki siswa tunarungu di SDLB-B Karya Mulia II Surabaya, masih sangat minim/sedikit sehingga berakibat dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Subjek penelitian ini adalah semua kelas I sebanyak 7 siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom - based action research). Indikator peningkatan penguasaan kosakata siswa ditandai dengan adanya peningkatan ketuntasan penguasaan kosakata sebesar 67,5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II melalui permainan barrier game berbantuan media pembelajaran flashcard. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Permainan Barrier Berbantuan Media Pembelajaran Flashcard Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu Kelas I di SDLB B Karya Mulia II Surabaya sangat optimal. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan yang lebih baik pada guru dalam mengembangkan peserta didik dengan baik dalam mengembangkan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172).

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Jakarta

Badiah, L. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Barrier Game Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Tunarungu di SDLB Karya Mulia II Surabaya. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 368–372.

Defitasari. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Benda Melalui Media Gambar Berbasis Lingkungan Pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar I Di Slb Wiyata Dharma 1 Sleman.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182.

Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286.

Madyawati, L., 2014. Bermain dan Permainan I (untuk anak). Jakarta: Prenada Media Grup.

Marjanti, H. (2016). Pelaksanaan Pengembangan Persepsi Bunyi Siswa Tunarungu Kelas Taman Kanak-Kanak Di Slb Tunas Bhakti Pleret. 147.

Noviawati, P. (2017). Mengembangkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Tunarungu (Studi Kasus Menggunakan Media Swishmax).

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

SRIATI, S. (2023). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PERMAINAN BARRIER GAME BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I SDLB B KARYA MULIA II SURABAYA . EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(2), 161-167. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i2.2357

Issue

Section

Articles