PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SITAYA (SISTEM TATA SURYA) UNTUK SISWA KELAS 6 DI SDN KRATON KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v4i1.3018Keywords:
pengembangan, multimedia, SITAYAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia Interaktif SITAYA(sistem tata surya) untuk siswa kelas 6 di SDN Kraton kabupaten kediri. Metode penelitian ini menggunakan (R&D) (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Kraton Kabupaten Kediri yang berjumlah 27 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang digunakan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil validasi yang diperoleh dari validator media mencapai persentase 84% dan validator materi mencapai presentase 86%. Maka hasil kevalidan dari multimedia interaktif sitaya (sistem tata surya) untuk siswa kelas 6 Di SDN Kraton Kabupaten Kediri memperoleh rata-rata presentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil angket respon guru mencapai presentase 88% dan hasil angket respon siswa mencapai presentase 90%. Maka hasil kepraktisan dari multimedia interaktif sitaya (sistem tata surya) untuk siswa kelas 6 Di SDN Kraton Kabupaten Kediri memperoleh kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari analisis soal evaluasi (post-test) memperoleh rata-rata presentase sebesar 88,7% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif sitaya (sistem tata surya) untuk siswa kelas 6 Di SDN Kraton Kabupaten Kediri yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Sehingga layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Aulia, W., & Mintohari. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas Vi Sekolah Dasar. JPGSD, 11(1).
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. 1(1), 282–294.
Dewi, L. K., Mustaji, & Fatirul, A. N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(2), 72–80. https://doi.org/10.21067/jip.v11i2.5305
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesh, 8, 33–48. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Faradita, M. N. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Ipa di SD Tawangsari. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Millenial, 309–317.
Hayati, A. N. (2018). GAME PENGENALAN TATA SURYA MENGGUNAKAN METODE NEURAL NETWORK BACKPROGATION DALAM MENENTUKAN LEVEL SKRIPSI.
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. lufti Y., Raihan, P., Nuriyah, S., Nurhadi, Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. AL-MIRAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(8.5.2017), 2003–2005.
Jayusman, J. (2019). Pelatihan dan Pendampingan untuk Pembuatan dan Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah pada Mgmp Sejarah Kabupaten Rembang. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 141–146. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29723
Kusumawati, L. D., Sugito, & Mustadi, A. (2021). KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 73–84. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.14034
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet
Laknasa, D. P. A., Abdullah, A. W., Pauweni, K. A. Y., Usman, K., & Kaluku, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler?: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(2), 103–108. https://doi.org/10.34312/euler.v9i2.11100
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Melinda, V. A., Sambung, D., Ningrum, D. E. A. F., Imroatul, Erfantinni, H., & Febriani, R. O. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI POKOK SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI SD. Madrasah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1).
Prianggi, Y., I Ketut, B. A., & I Gede, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Bola Voli Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(3), 122–130. https://doi.org/10.23887/jjp.v10i3.52544
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905
Sutrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.
WULANDARI, H. A., SUMARMI, & SUNARYANTO. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA KEPERLUAN SEHARI- HARI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.