APLIKASI PUSTAKA DIGITAL INTERAKTIF PADA SEKOLAH ZAWIYYAH DARUSSALAMI
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v4i4.3569Keywords:
buku, pustaka digital, flipbookAbstract
In this digital era, the public's need for books is increasingly overshadowed by the vast amount of information available on the internet. This raises particular concerns, as it affects not only adults but also the younger generation. Young people, or children, tend to spend more time playing games or on social media than engaging with and reflecting on reading materials in books. Therefore, in an effort to enhance children's interest in reading, amidst today's technological landscape, the author intends to develop an interactive digital library application that not only contains standard text from books but also integrates engaging images and sound using flipbook technology.
ABSTRAK
Di era digital ini, kebutuhan masyarakat terhadap buku semakin tergusur dengan banyaknya informasi yang tersebar melalui internet. Hal ini membawa kekhawatiran tersendiri karena bukan hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga pada generasi muda. Generasi muda, atau anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan game atau media social daripada menelaah dan mencermati bacaan dalam buku. Oleh karena itu, dalam tujuan meningkatkan minat baca anak terhadap buku, di tengah era teknologi saat ini, penulis bermaksud mengembangkan sebuah aplikasi perpustakaan digital interaktif yang tidak hanya berisi teks baku dari sebuah buku, namun juga menggabungkan dengan teknologi gambar dan suara yang menarik menggunakan flipbook.
Downloads
References
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1).
Annisa, A. R., et al. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1).
Aprilia, T., et al. (2017). Penggunaan media sains flipbook dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15(2).
Juliani, R. (2023). Pengaruh media flipbook terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di sekolah dasar. Elementary School Education Journal, 7(1).
Litta, L., et al. (2023). Teknologi digital – Flipbook maker sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1).
Mufliha, D., et al. (2023). Analisis kesulitan penggunaan media flipbook pada guru dan siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).
Mulyaningsih, N. N. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft flipbook maker. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5(1).
Nurhayati, R. (2019). Membangun budaya literasi anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Nuansa Akademik, 4(1).
Oktariani. (2020). Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Kesehatan, 1(1).
Prasarti, R. D., & Nirwana, A. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3).
Prasrihamni, M., et al. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1).
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya literasi remaja di Indonesia: Masalah dan solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2).
Ramadhina, S. R., & Khafisa, P. (2022). Pengembangan e-modul berbasis aplikasi flipbook di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
Ramdhayani, E. (2023). Pentingnya literasi dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter di era digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67–73.
Rawin, S. C., et al. (2023). Peran budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1).
Rohman, A. (2022). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis di era disrupsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1).
Sa’diyah, K. (2021). Pengembangan e-modul berbasis digital flipbook untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Saparina, M., et al. (2020). Kelayakan flipbook digital sebagai media pembelajaran pada materi lingkaran di kelas VIII SMP. Jurnal Untan, 9(9).
Siregar, N. R. (2019). Aplikasi e-library dengan menggunakan flipbook animasi pada perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara. Seminar Nasional Teknologi Informatika, 2(1).
Wibowo, E., & Dona, D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2).
Wibowo, M. H. (2019). Pengaruh media pembelajaran flipbook terhadap gaya belajar visual siswa kelas X TKI SMKN 1 Boyolangu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.