PENGGUNAAN APLIKASI PIXTON UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENULIS PADA MATERI TEKS CERITA SEJARAH KELAS XII
DOI:
https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.829Abstract
Writing is not an easy thing. Especially for beginners or those who have never written. Writing activities become boring activities, not fun. Writing is a scary thing. It's very hard to do. Sometimes we don't know where to start. These problems can be solved with the development of increasingly advanced technology. Technology was created to be able to help and make it easier for humans to do things. In the field of education, various applications can be used to support teaching and learning activities, one of which is the Pixton application. Pixton is a website that allows students to create comics online without installing anything on their computer. The objectives to be achieved in this study are to (1) describe the increase in interest in writing stories through the Pixton application. (2) Describe the results of writing stories through the Pixton application. This study uses a qualitative approach with descriptive analysis. Data collection techniques in this study uses a questionnaire. The method of scaling the attitude statement uses a Likert scale with five alternative answers. The results of the study were 91.4% of respondents who answered strongly agree and agree that the Pixton application is interesting when used to write stories. 80% of respondents stated that the Pixton application did not make respondents bored in completing a story. 94.3% stated that writing stories using the Pixton application was more interesting than writing stories on a piece of paper. 94.3% of respondents stated that the Pixton application can increase creativity and interest in writing stories. The results of writing stories through the Pixton Application with an average value of compiling story texts are 83.8.
ABSTRAK
Menulis bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi pemula atau yang sama sekali belum pernah menulis. Kegiatan menulis menjadi kegiatan yang membosankan, tidak menyenangkan. Menulis menjadi hal yang menakutkan. Berat sekali untuk melakukannya. Tidak tahu harus mulai dari mana. Berbagai permasalahan ini dapat dipecahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi diciptakan untuk dapat membantu dan mempermudah manusia dalam mengerjakan sesuatu. Dalam bidang pendidikan, beragam aplikasi bisa digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah aplikasi Pixton. Pixton adalah situs web yang memungkinkan peserta didik membuat komik online tanpa memasang apa pun di komputer. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan peningkatan minat menulis cerita melalui aplikasi Pixton. (2) Mendeskripsikan hasil menulis cerita melalui aplikasi Pixton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan quesioner. Metode penskalaan atas pernyataan sikap menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Hasil penelitian 91,4% responden yang menjawab sangat setuju dan setuju bahwa aplikasi Pixton menarik bila digunakan untuk menulis cerita. Sebanyak 80% responden menyatakan aplikasi Pixton tidak membuat responden bosan dalam menyelesaikan sebuah cerita. Sebanyak 94,3% menyatakan menulis cerita dengan menggunakan aplikasi Pixton lebih menarik dari pada menulis cerita di selembar kertas. Sebanyak 94,3% responden menyatakan aplikasi Pixton dapat meningkatkan kreativitas dan minat menulis cerita. Hasil menulis cerita melalui Aplikasi Pixton dengan nilai rata-rata menyusun teks cerita 83,8.
Downloads
References
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. From https://books.google.co.id/books?id=3cdEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=macam+KETERAMPILAN+menulis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwi08dPr9rzAhVZAXIKHQL4CtsQ6AF6BAgGEAI#v=onepage&q=macam%20KETERAMPILAN%20menulis&f=false
Farniella, Matteo.(2018). The Potential of Comics in Science Communication. Journalof Science Communication. Vol. 17, No. 01, pp. 1-17.
Freeman, Michelle S. (2020). Story Writing in the Accounting Classroom. The Accounting Educators’ Journal. Vol XXX, pp. 67-86.
Hermawan, Ike Lendi. (2019). Pengembangan E-Comic menggunakan Pixton dan Kalase pada Materi Program Linear Dua Variabel Berbantuan Geogebra. Skripsi. UNEJ: Tidak diterbitkan. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/92423/Lendi%20Ike%20Hermawan%20-%20150210101015_.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Hidayah, Khilda Maulida. 2019. Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz (Kahoot) pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi. UIN Hidayatullah Jakarta: Tidak diterbitkan.
Jahja, Yudri. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Jamhari, Muhammad, Siregar, Daulat. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah untuk Siswa SMA. From https://books.google.co.id/books?id=OZIIEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=KETERAMPILAN+BERBAHASA+YANG+PALING+SULIT&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=KETERAMPILAN%20BERBAHASA%20YANG%20PALING%20SULIT&f=false
Kanti, Fitra Yurisma, Suyadi, Bambang, Hartanto, Wiwin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Vol 12 No 1, 135-141.
Kurniawan, Dede Trie. Tresnawati, Nailah. Maryanti, Sri. (2019). Implementasi Aplikasi Pixton Sebagai Upaya Meningkatan Keterampilan Pembuatan Bahan Ajar Digital Dalam Bentuk Komik Untuk Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 2 No 2, 71-83
Mastini, M., Suwandi, S., & Sumarwati, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 1 No 1, 22-34.
Muallimin. (2019). Pengaruh Pengetahuan Teori dan Minat Menulis Cerita terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sengkang. Tesis. Pascasarjana Univ. Muhahhadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/12019-Full_Text.pdf
Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. From https://books.google.co.id/books?id=koSYDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=KETERAMPILAN+menulis+cerita&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=KETERAMPILAN%20menulis%20cerita&f=false
Nurvianti, I, Astalini dan A. Syarkowi. (2018). Penggunaan Media Komik pada Pembelajaran Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 9, No. 1. h. 2.
Padmi, Jatuh. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Vol. 2, No 1, 21-28.
Setiawan, Andik. (2021). Ayo Menulis Cerpen Pelajar Penggugah Jiwa. From https://books.google.co.id/books?id=r2M0EAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=minat+menulis+cerita&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Simarmata, Janner. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. From https://books.google.co.id/books?id=UdjFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ragam+menulis&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=ragam%20menulis&f=false
Sudjiono, Anas.2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumardjo, Jacob. 2007. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumirah. (2009). Peningkatan Minat dan Keterampilan Menulis Cerita dengan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V SDN Plosolor 02 Karangjati Ngawi
Tahun 2008/2009. Tesis. Universitas Sebelas Maret Program Pascasarja Surakarta: Tidak diterbitkan.
Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TiIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. From https://books.google.co.id/books?id=v1UNEAAAQBAJ&pg=PA10&dq=pengertian+minat&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwjMmK_b2NrzAhUOOisKHV7BCzMQ6AF6BAgEEAI#v=onepage&q=pengertian%20minat&f=false
Wahyuni, Sri. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 3 Batanghari dengan Menggunakan Media Noveltoon Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Journal Education of Batanghari. Vol. 2, No. 8, 103-115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.