PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL CHLOROPHYL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA

Authors

  • BACHTIAR ADI SAPUTRA SMA Muhammadiyah 1 Taman

DOI:

https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.841

Abstract

The loss of a sense of responsibility that students have towards protecting and preserving nature is also a bad impact of the progress that has occurred in the present era. Therefore, the researchers took the initiative to develop a valid and practical "chlorophyll" digital comic-based learning media to be used in instilling concern for the surrounding environment. The method used in this research is developing research using ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) procedures. The development of this digital Chlorophyl comic consists of 12 pages starting from the opening page about the introduction of the main character, problems to solutions that can be done to protect the environment. Chlorophyl digital comics can be said to be valid with an average of 3.58 and have good criteria so that they can be used in the field with a few revisions that have been adapted to suggestions from experts. In addition, based on input from the validator with several notes of improvement and the assessment of student responses to chlorophyll digital comics, it was stated that it was very practical with a positive response of 80.59%. The conclusion obtained is that the digital chlorophyll comic that was developed is said to be valid with a value of 3.5 and stated to be very practical with a positive response of 80.59%.

ABSTRAK
Hilangnya rasa tanggung jawab yang dimiliki para pelajar terhadap menjaga dan melestarikan alam juga menjadi dampak buruk dari kemajuan yang terjadi pada era masa kini. Oleh karena itu, peneliti bernisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik digital chlorophyl yang valid dan praktis untuk digunakan dalam menanamkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mengembangkan dengan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan komik digital Chlorophyl ini terdiri atas 12 halaman mulai dari halaman pembuka tentang perkenalana tokoh utama, permasalahan hingga solusi yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup. Komik digital Chlorophyl dapat dikatakan valid dengan rata-rata yaitu 3,58 dan memiliki kriteria baik sehingga dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi yang telah disesuaikan dengan saran dari para ahli. Selain itu berdasarkan masukan dari validator dengan beberapa catatan perbaikan dan penilaian angket respon siswa terhadap komik digital chlorophyl dinyatakan sangat praktis dengan respon positif sebanyak 80,59%. Kesimpulan yang didapatkan adalah komik digital chlorophyl yang dikembangkan dikatakan valid dengan nilai 3,5 dan dinyatakan sangat praktis dengan respon positif sebanyak 80,59%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus Pada Siswa Usia 10-12 Tahun Pada Mata Pelajaran IPA). Musawa: Journal For Gender Studies, 12(1), , 140-164.

Astutik, A. F., Suprijono, A., & Rusijono. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V SDN GELURAN 1 TAMAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 542-554.

Cahyana, D. I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi Konflik Kognitif Teori Kwon untuk Melatihkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 55-64.

Firdaus, A., & Julianto. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. pengembangan komik digital, 1347.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L., Manuhutu, M. A., & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hakim, A. F. (2017). Pengembangan Konik Digital sebagai Media Pembelajaran Alat - Alat Pembayaran Internasional pada Materi Perekonomian Terbuka. 47.

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (s.f.). Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesian Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. 3.

Marisa, U., Yulianti, Y., & Hakim, A. R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 4. No. 1.

Masitoh, D. (2006). Tingkat Kedisiplinan Masyarakat Dalam Menjaga Budaya Hidup Bersih Terhadap Lingkungannya, Studi Kasus Pada Masyarakat Banaran, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati Semarang. . Diss. Universitas Negeri Semarang.

Metro, S. P. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJARTEMATIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KELAS 1 SEKOLAH DASAR. . 9(2), 93–98.

Pratiwi, Y. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 104 PALEMBANG. PALEMBANG: Diss. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

Saputra, B. A., & Nurdiansyah, N. (2020). Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0. ISLAMIKA, 2(1),, 36-45.

Sari, B. K. (2010). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. 87.

Setyowati, R., & Widiyatmoko, A. (2013). LINGKUNGAN TEMA POLUSI SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMK N 11 SEMARANG.

Soeprobowati, D. (2020). Akhlak Siswa Terhadap Alam. Alprin.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, E., Faizah, L., Nisa, I., & Putra, I. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Rumah Hidrolik Di Tinjau dari Hasil Belajar dan Respon Siswa Terhadap Matematika. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 12.

Utama, S. (s.f.). PERANCANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PEMESANAN DAN PEMBUATAN KOMIK. 4.

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

SAPUTRA, B. A. . (2022). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL CHLOROPHYL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 2(1), 57-63. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.841

Issue

Section

Articles